Jawa Timur Raih Prestasi Sebagai Provinsi Terinovatif dalam Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2021

Indeks Inovasi Daerah (IID) Jawa Timur Meningkat Drastis.

Penganugerahaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 kembali digelar oleh Kementerian Dalam Negeri pada hari Rabu, 29 Desember 2021. Acara penganugerahan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri secara luring dan daring. Anugerah IGA diberikan kepada 31 daerah terdiri dari, 5 daerah provinsi, 10 kabupaten, 10 kota, 3 daerah perbatasan dan 3 daerah tertinggal.

IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Pemerintah Daerah terinovatif yang didasarkan atas rangkaian pengukuran dan penilaian laporan penerapan inovasi daerah oleh kepala daerah kepada pemerintah. Penilaian dimaksud berdasarkan Peremndagri no. 104 tahun 2018 tentang Innovative Government Award dan Insentif merupakan proses penilaian terhadap semua bentuk Inovasi Daerah menggunakan indikator indeks Inovasi Daerah. Sedangkan Indeks Inovasi Daerah (IID) adalah seperangkat variabel dan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat inovasi daerah berdasarkan periode tertentu.

Maksud diselenggarakannya IGA adalah untuk memotifasi pemerintah daerah dalam melakukan pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan tujuan untuk peningkatan pelayanan dan mempercepat perwujudan kesejahteraaan masyarakat.

Penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA yang diselenggarakan tiap tahun ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan.

Dalam penganugerahaan IGA ini Gubernur Jawa Timur mendapat pengharggan langsung dari Menteri Dalam Negeri sebagai daerah terinovatif untuk klaster Provinsi, bersama empat Gubernur lainnya yakni, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Nusa Tenggaa Barat, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Jawa Tengah.

Penghargaan ini tidak luput dari dukungan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan kerja keras Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur sebagai suatu penanggung jawab pelaksanaan urusan daerah tentang urusan penunjang di bidang penelitian dan pengembangan daerah. Ibu Gubernur bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Jawa Timur terus melakukan sosialisasi dan dorongan untuk terus menciptakan inovasi di lingkungan Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur, Sekolah, Institusi, Universitas, bahkan seluruh masyarakat Jawa Timur.

Berdasarkan hasil penilaian laporan inovasi daerah oleh Kemendagri,Indeks Inovasi IID Provinsi Jawa Timur mengalami kenaikan peringkat, yang tadirnya berada di peringkat sembilan pada tahun 2020 naik ke peringkat tiga pada tahun 2021. Hasil laporan yang yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 002.6-5848 Tahun 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota tahun 2021, Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat tiga dengan indeks 63,15 dan predikat sangat inovatif, di bawah Provinsi Sumatera Selatan di peringkat satu dengan indeks 79,51 dan Provinsi Nusa Tenggara Barat di peringkat ketiga dengan indeks 75,67. Sedangkan dalam IGA peringkat Jawa Timur berada di peringkat lima di bawah Provinsi Sumatera Selatan di peringkat satu, Nusa Tenggara Barat peringkat dua, Jawa Barat peringkat tiga dan Jawa Tengah di peringkat empat.

Bagi Jawa Timur peringkat lima dalam IGA 2021 merupakan prestasi tersendiri karena pada tahun 2019 berada di peringkat tujuh dan pada tahun 2020 berada di peringkat Sembilan. Berdasarkan laporan dalam aplikasi IGA, pada tahun 2020 perangkat daerah yang melaporkan berjumlah 33 perangkat daerah dengan jumlah inovasi sebanyak 162 dan mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebanyak 42 perangkat daerah dengan jumlah inovasi sebanyak 192. Peningkatan jumlah perangkat daerah dan inovasi yang dilaporkan juga di dukung oleh adanya perubahan strategi cara pelaporan dimana sebelumnya laporan dimediasi oleh Balitbang Provinsi Jawa Timur sedangkan pada tahun 2021 Balitbang Provinsi Jawa Timur melakukan sosialisasi kepada perangkat daerah bahwa laporan dilakukan secara mandiri oleh tiap-tiap perangkat daerah dengan menggunakan user login masing-masing yang telah dibuat oleh Balitbang Provinsi Jawa Timur yang berguna untuk memudahkan perangkat daerah untuk melaporkan inovasinya.

Keberhasilan Provinsi Jawa Timur dalam IGA juga diikuti oleh 2 kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bojonegoro serta 3 kota yakni Kota Surabaya, Kota Probolinggo dan Kota Mojokerto yang masuk dalam 10 besar daerah terinovatif untuk klaster kabupaten dan kota.

Perolehan 10 besar kabupaten untuk Jawa Timur sebenarnya tidak asing lagi karena memang sudah langganan, namun demikian hal mengejutkan terjadi untuk kluster kota yang mana pada tiga tahun terakhir untuk Provinsi Jawa Timur minim prestasi bahkan boleh dibilang tidak ada.

0

Comments (0)

Leave a Comment

Please check your email
Please check your message
Thank you. Your message has been sent.
Error, email not sent

Jl. Gayung Kb. Sari No.56, Gayungan, Kota Surabaya (031) 829 0738 / (031) 829 0719 litbangjatim@yahoo.com

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini : 10
Pengunjung Kemarin : 19
Total Pengunjung : 4206
© Copyright 2021 - Balitbang Provinsi Jatim